PERDAGANGAN BEBAS INDONESIA-CHINA SINYAL KRISIS EKONOMI INDONESIA

7 Jan

jr-kaldon.blogdrive.com

Indonesia tengah berusaha meningkatkan kinerja produksi dalam negeri, khususnya meningkatkan kemandirian usaha melalui berbagai kebijakan ekonomi (kredit usaha kecil, PNPM mandiri, kredit Usaha Tani, dan berbagai subsidi pemerintah untuk menumbuhkan ketahanan ekonomi dalam negeri). Upaya tersebut di atas ditujukan untuk melahirkan efisiensi ekonomi dalam negeri, sehingga pengusaha lokal mampu meningkatkan skala ekonomi yang pada akhirnya mampu menyediakan hasil produksi yang dapat diterima masyarakat pada tingkat harga terjangkau (murah).

Upaya di atas didukung pula oleh aksi anti korupsi yang diarahkan untuk mengurangi ekonomi biaya tinggi. Ketika berbagai pungutan liar, serta penyalahgunaan kewenangan anggaran, dan berbagai penggelembungan anggaran telah terkurangi, bahkan dihilangkan, maka efisiensi produksi nasional relatif akan tercapai.

Berbagai usaha di atas tengah dilakukan, efisiensi ekonomi masih merupakan tujuan, hal ini mengandung arti bahwa harga barang dan jasa yang diproduksi perusahaan dalam negeri baik kecil, menengah, maupun besar relatif masih mahal, jika proses produksi menggunakan bahan baku impor maka tentu harga komoditas tersebut semakin mahal, sebab kurs dollar terhadap rupiah masih tinggi.

Kondisi di atas mencerminkan bahwa Indonesia sesungguhnya belum siap melakukan perdagangan bebas dengan negara lain, apalagi dengan negara yang telah mencapai efisiensi ekonomi. Jika kita tetap melakukannya maka produsen dalam negeri akan kehilangan konsumen faktual dan konsumen potensialnya, sebab mereka akan beralih kepada komoditas impor yang lebih murah.

Menyikapi perdagangan bebas ASEAN-China, khususnya Indonesia-China, sesungguhnya merupakan perdagangan bebas yang tidak adil. Kita mengenal sistem ekonomi China belum bisa dikatakan keluar sepenuhnya dari sistem ekonomi terpimpin (Command economic System), berarti komoditas yang dihasilkan China merupakan komoditas nasional, meskipun dihasilkan oleh produsen swasta dapatkah kita menjamin hilangnya keterlibatan Pemerintah China dalam proses produksi (hilangnya subsidi pemerintah, serta bantuan pemerintah lainnya terhadap pengusaha). Pada kondisi seperti ini sesungguhnya produsen swasta Indonesia tengah bersaing dengan negara China sebagai produsen, akan mampukah produsen Indonesia bersaing dengannya ?. Kesulitan bersaing produsen swasta Indonesia dengan produk China terletak pada tingkat efisiensi yang dicapai oleh masing-masing produsen. Tingkat efisiensi produksi produsen swasta Indonesia tentu kalah oleh tingkat efisiensi produksi China, sebab berbagai unsur pendukung tercapainya efisiensi di China sepenuhnya merupakan kebijakan Pemerintah China, sebab negaranya merupakan produsen, dan tingkat ekonomi biaya tinggi di negara China relatif sangat rendah.

Sumbang saran kami untuk mengurangi dampak negatif perdagangan bebas Indonesia-China terhadap Produsen Indonesia adalah :

a). Mempercepat proses pencapaian efisiensi ekonomi melalui pengembangan sarana dan prasarana pasar komoditas  lokal (Pengembangan sarana pasar tradisional, menjadi saran pasar tradisional modern). b). Pengembangan komoditas yang berbasis bahan baku lokal. c). Meniadakan praktik ekonomi biaya tinggi yang bersumber dari berbagai pungutan liar yang berkenaan dengan perizinan serta faktor-faktor administratif lainnya, korupsi, pembengkakan anggaran (mark up), dan praktir kotor lain yang berkenaan langsung dengan meningkatnya biaya produksi. d). Menutup impor barang dan jasa yang telah diproduksi di Dalam Negeri. e). Memperluas jaringan kerjasama usaha di dalam negeri, sehingga produsen dalam negeri memperoleh kemudahan dalam penyediaan bahan baku, sumber dana, serta kemudahan melakukan promosi pada berbagai media massa. f). Meningkatkan subsidi pemerintah khususnya untuk barang yang diproduksi swasta namun berkaitan dengan hajat hidup rakyat (misalnya komoditas minyak dan gas alam beserta distribusinya, komoditas pangan terutama beras, komoditas pakaian dan derivasinya, jasa komunikasi dan transfortasi, air minum, air bersih, listrik dan komoditas publik lainnya), hal ini dilakukan agar dicapai efisiensi lebih cepat. (ingat kewajiban yang diemban negara dari UUD-45, pasal 33).

Perdagangan bebas antar negara yang memiliki tingkat efisiesi yang seimbang memang menguntungkan, khususnya bagi pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap produk yang tidak diproduksi di dalam negeri, namun jika perdagangan bebas dilakukan antara negara yang telah memperoleh efisiensi karena sistem ekonomi dan keterlibatan negara sangat mendukung dengan negara berkembang yang belum mencapai tingkat efisiensi dalam perekonomiannya, maka yang terjadi adalah ketidak adilan. Jika perdagangan bebas memperdagangkan barang yang telah di produksi di dalam negeri negara yang tidak efisien, maka perdagangan bebas merupakan penghancuran produsen dalam negeri.
Pergaulan ekonomi dunia bukan ajang pemelaratan manusia, namun alat untuk mensejahterakan manusia, jika ternyata perdagangan bebas melahirkan kesengsaraan rakyat Indonesia, sebaiknya Indonesia menunda perdangan bebas sampai dicapai tingkat efisiensi ekonomi nasional dan siap bersaing.

Advertisements

13 Responses to “PERDAGANGAN BEBAS INDONESIA-CHINA SINYAL KRISIS EKONOMI INDONESIA”

  1. Joko Lelur February 5, 2010 at 12:43 pm #

    saya tahu produk indonesia kurang bermutu dan cuma cari untung, tapi saya sebagai orang Indonesia yang masih cinta Indonesia cuma bisa bisa berjanji: Selama masih ada produk Indonesianya, saya tidak akan beli buatan cina, meskipun itu lebih murah dan bermutu. Saya tahu saya akan rugi, tapi semuanya ini kulakukan demi bangsa dan negeriku, agar tidak dijajah terus. Stop demo, stop anarkisme, lawan semuanya ini dengan gerakan moral. Mari kita galang gerakan ANTI PRODUK CINA

  2. bwfitri February 10, 2010 at 6:26 am #

    mas albert terimakasih atas komentarnya,
    cinta produk nasional sangat penting, namun yang lebih penting meningkatkan efisiensi produk dalam negeri dengan cara memberangus praktik korupsi, pembenahan jaringan usaha lokal, dan meningkatkan mutu sumberdaya manusia agar kebutuhan masyarakat terpenuhi oleh kreasi anak bangsa.
    maju Indonesiaku…..

  3. difa9 March 22, 2010 at 1:57 pm #

    dilapangan saya baru tahu bahwa dari pemerintah itu ada dana yang ditujukan untuk kemajuan suatu daerah, bahkan untuk suatu desapun itu ada dananya, saya ambil contoh untuk petani padi, misa bila disuatu daerah itu ada hama tikus maka sebenarnya itu ada biaya dari pemerintah. tapi mengapa kurang direalisasikan? ataukah dana itu masih kurang utuk kemajuan pertanian kita. dan setelah saya perhatikan petani padi ini kebanyakan itu puso atau gagal panen. nah ini apakah pemerintah tidak memperhatikan hal ini sementara di kiti lahan pesawahan memang cukup potensial?????????

  4. bwfitri April 12, 2010 at 4:56 am #

    mungkin aparat pemerintahnya tidak berlatar belakang petani..???

  5. HicstimaAmame May 21, 2010 at 8:58 am #

    Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, iwspo.net

  6. bwfitri May 22, 2010 at 6:55 am #

    thanks for your attentions

  7. the halfboy July 25, 2010 at 6:28 pm #

    tp kata saya masih mnding product indonesia ..
    lebih berkualitas di banding dengan product² china …

    seblumny terima kasih blog ny ..
    ngbantu buat tugas saya …
    hhhh
    🙂

  8. Must S August 14, 2010 at 5:56 am #

    Produk China mau tidak mau akan menjadi produk yang menguasai dunia, Indonesia hanya sebagian dari konsumen dari produk China, qualitas dari produk China juga sangat beragam, dari yang berkualitas tinggi sampai yang ecek2. Adalah tidak bijaksana dan sangat tidak dewasa apabila kita menyikapi masuknya produk China dengan gerakan “Anti Produk China”.
    Menurut saya justru dengan adanya produk China yg NB sangat terjangkau harganya (walaupun dng kualitas yg rendah) membantu pengusaha dengan skala kecil untuk berproduksi. China sanggup membuat produk dengan kualitas yang handal, akan tetapi daya beli negara dan masyarakat kita yang masih belum mapu untuk membelinya. (dan yang lebih menyedihkan importir di negara kita lebih banyak memasukkan produk China yg kualitasnya rendah)

    Yang perlu kita pikirkan sebenarnya adalah bagaimana membangun mental masyarakat Indonesia, terutama para pejabat yang hanya memikirkan perut sendiri, bahkan anak cucunya tidak dipikirkan kesejahteraannya dikemudian hari. Marilah kita mencontoh negara China yang telah berhasil membangun negerinya dengan perlahan-lahan tapi pasti, saya yakin dalam waktu 20 tahun mendatang negara-negara Eropa akan dilibas oleh China dalam hal industri.

    Mari kita bersama-sama membangun mental negeri tercinta ini, mulailah dari hal terkecil, didiklah anak kita dulu menjadi orang yang mempunyai mental tangguh, tidak mudah mengeluh, sanggup mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan negara, didik anak cucu kita untuk “menabukan” budaya korupsi.

    Maaf kalo tulisan saya tidak tersusun rapi karena saya bukan penulis yang baik, saya hanya merasa prihatin dengan tanggapan dan kondisi Indonesia yang sebenarnya.

    buat bwfitri keep going, dan terimakasih.

  9. irfank November 19, 2010 at 5:03 am #

    kita sebagai penduduk indonesia marilah kita selalu menjaga mutu produk indonesia dan kita akan menigkatkan kuwalitas produk indonesia… jagan selalu berpatokan dngan produk negara lain… semangat… semangat… mengunakan produk indonesia….. demi bangsa kita… semoga berkembang… aminn..amin….

  10. iwan June 17, 2011 at 2:28 pm #

    cinta produk dalam negeri merupakan salah asatu cara jitu dalam menghadapi perdagangan bebas. Tapi ada satu hal yng perlu kta perhatikan, “sudah sanggup kah rakyat kita untuk mengonsumsi produk dalam negeri, jika masih ada yang lebih murah (barang impor)..?”
    pengembangan produk dalam negeri adalah jawaban terakjir nya..,
    terimakasih sebelumnya..,

  11. robiatuladawiyah995robiatul March 11, 2013 at 4:28 am #

    seharusnya pemerintah indonesia membantu pengusaha-pengusaha yang berpotensi besar untuk bersaing pada produksi dari china yang harganya jauh lebih mura. warga indonesia juga harus menanamkan bahwa cintai produksi indonesia. sebenarnya indonesia mampu bersaing asalkan ada penyuluhan bagaimana mengembangkan produk yang lebih bagus. secara kualirtas produk indonesia tidak kalah bagus dengan yang di jual oleh china.

  12. dhenbrb May 15, 2013 at 4:04 am #

    ekonomi akan bisa maju bila semua struktur, lembaga – lembaga mau bersatu untuk bisa memajukan hasil produk khususnya hasil barang – barang buatan kita agar bisa di di[paki digunakan untuk segala aktifitas ex. batik broo dijadikan pakaian resmi bagi PN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BWFITRI

JUJUR BERKATA JUJUR

ernizem

Just another WordPress.com site

nurjamilah97

Just another WordPress.com site

rinrinrintiani

Just another WordPress.com site

nenengnurjanah

Just another WordPress.com site

mohyosep

Just another WordPress.com site

diyansumirat

Just another WordPress.com site

ninayunalis

Just another WordPress.com site

achile90

Just another WordPress.com site

Ilham Afriansyah

lakukan yang terbaik agar dapat dirasakan kebaikannya kepada seluruh umat manusia

abdhie17

WordPress.com site

Ilis khoeriyah Alawiyah

Hidup Penuh dengan Misteri

rahmatdizez

Just another WordPress.com site

abdulrojak35

Just another WordPress.com site

paridridwan92

Just another WordPress.com site

aanguno

Just another WordPress.com site

usep66

Just another WordPress.com site

Myl1v3's Blog

Just another WordPress.com weblog

Niendin's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Bahadursing's Weblog

HIDUP HANYA SEKALI, GUNAKAN WAKTU YANG BAIK

Adekomaludin's Weblog

Just another WordPress.com weblog

MTs Bahrul Ulum

Aktif - Kreatif - Inopatif

Nahwa Blog

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Nazrul Budak Cidahu

Just another WordPress.com site

Edisae's Blog

Just another WordPress.com weblog

E-one Hermawan's Blog

Just another WordPress.com weblog

UMFalah's Blog

Ruang Kreatifitas

boyzybozz

Just another WordPress.com site

pandasepti

Just another WordPress.com site

Rani Rahman

Siliwangi University. Edutrain Consultant

Media Belajar Akuntansi

Mengabdi demi Ilmu Pengetahuan & Beribadah

Google adsense

Just another WordPress.com weblog

WordPress Plugins

Just another WordPress.com weblog

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: