MENDULANG EMAS DENGAN BASIS FAKTOR PRODUKSI DALAM NEGERI

okykrismadi.co.cc

Bergelimang kekayaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia Indonesia, menggambarkan bahwa Indonesia merupakan negara yang siap menghadapi masa depan gemilang tanpa kekurangan dan kemiskinan. Sumberdaya alam Indonesia yang memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif masih banyak yang menganggur tanpa disentuh oleh tangan kreatif dan masih kekurangan tenaga ahli yang mumpuni untuk mengolah dan mengelolanya.

Keterbatasan kreativitas sesungguhnya disebabkan oleh motivasi sumberdaya manusia Indonesia yang masih mengandalkan menjadi pegawai untuk mengembangkan diri, sehingga kreativitas yang lahir di Indonesia bersumber dari kreator asing dan warga negara pendatang.

Waktu yang tepat bagi Indonesia untuk merubah pola pikir masyarakat yang semula menyandarkan dirinya beradaptasi dengan pasar tenaga kerja, menjadi pola pikir yang menyediakan lapangan kerja. Iklim kreatif dapat ditumbuhkan melalui program pengembangan kompetensi masyarakat, melalui pengembangan kurikulum pembelajaran di sekolah-sekolah, maupun program pendidikan informal di setiap peloksok tanah air.

Rangkaian mekanisme pengembangan kompetensi masyarakat, khususnya untuk program pendidikan informal, harus diawali dengan program pengembangan PPM Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, adapun pola pengembangannya sebagai berikut :

I.  Sektor Pendidikan

1.        Perguruan tinggi dan pemerintah daerah melakukan penelitian potensi pengembangan kreativitas berbasis sumberdaya alam lokal yang memiliki keunggulan untuk dikembangkan, misalnya sumber daya ranting kayu untuk bahan baku briket arang, dll

2.        Perguruan Tinggi melalui laboratorium pengembangan program studi melakukan pemodelan dan melakukan pengembangan laboratorium kewirausahaan. Tak kalah pentingnya jika Perguruan Tinggi dan Pemerintah membuat model pengembangan pasar untuk komoditas hasil kreativitas masyarakat, dengan menyediakan sarana di lokasi pemerintahannya.

3.        Lembaga PPM Perguruan Tinggi membangun kurikulum kewirausahaan dan pengembangan kreatifitas bagi mahasiswa, yang ditindaklanjuti dengan program KKN mahasiswa untuk pengembangan kreatifitas masyarakat.

4.        Hasil pelaksanaan KKN mahasiswa dijadikan sumber pengembangan program kompetensi kreativitas masyarakat berbasis sumberdaya lokal dan pengembangan pasar komoditas hasil kreativitas masyarakat.

5.        Masyarakat Akademik senantiasa melakukan penelitian pengembangan desain dan penemuan pemanfaatan faktor produksi lokal untuk membuat komoditas baru yang bermanfaat bagi masyarakat dalam negeri, serta membuat komoditas pengganti barang-barang impor.

 

II. Sektor Keuangan

Distribusi pendapatan yang tidak merata dan tingkat kemiskinan yang relatif tinggi menjadi penghambat berkembangnya kreativitas masyarakat di atas, sehingga membangun motivasi masyarakat untuk berkreasi bertolak belakang dengan kemampuan finansial mereka, sehingga diperlukan dorongan dari pemerintah terutama lembaga keuangan untuk menyediakan sumber dana dan modal bagi tumbuhnya kreativitas masyarakat. Beberapa alternatif sumber dana yang dapat dipergunakan adalah :

 

A.    Sumber Dana ZIS (Zakat, Infak, Sodaqoh)

Dana Zakat Infak Sodaqoh yang senantiasa diserahkan oleh para pemberi zakat, dan dikelola oleh lembaga ZIS baik milik pemerintah maupun swasta, sampai sejauh ini belum memperlihatkan transparansi jumlah dana terkumpul, serta alokasi penggunaan dana, sehingga diperlukan campur tangan BPK untuk mengawasi pelaksanaan manajemen zakat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga terkait.

Profesionalisme pengelolaan zakat senantiasa dicapai apabila terdapat koordinasi antara lembaga ZIS yang beroperasi di setiap daerah, sehingga dana zakat menjadi jelas statusnya sebagai dana publik. Adapun langkah efektif yang dapat dipergunakan sebagai lembaga pengumpul ZIS adalam lembaga Keuangan Syari’ah (misalnya Bank Muamalah Indonesia), mempergunakan lembaga keuangan syari’ah sebagai lembaga pengumpul zakat akan memudahkan masyarakat untuk mengkontrol jumlah serta terdapat kepercayaan tinggi dari masyarakat sebab lembaga keuangan senantiasa diaudit setiap periode dan dilaporkan.

Sumber dana ZIS akan bermanfaat apabila dialokasikan kepada masyarakat miskin yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengembangkan kreativitas dirinya, sehingga dana tersebut dapat dipergunakan untuk mengentaskan kemiskinan sekaligus meningkatkan kemampuan berusaha.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan :

  1. Lembaga Keuangan Syari’ah bekerjasama dengan pemerintah daerah (Dep. Agama “Islam) dan MUI, membuat program pengembangan dan pembinaan kreativitas masyarakat yang berbasis faktor produksi lokal dan melakukan perencanaan bantuan keuangan bagi masyarakat kreatif yang telah memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri. Misalnya masyarakat yang telah mampu membuat briket arang dan masyarakat yang tekah mampu membuat kompor briket arang, diberi bantuan untuk proses produksi dan pemasaran.
  2. Lembaga keuangan syariah membuat program pembiayaan bagi masyarakat kreatif khususnya pembiayaan pengadaan barang modal.

 

B.     Sumber Dana Bank Komersial

Kiprah bank komersial dalam pembangunan semakin diperlukan dan diandalkan, apalagi jika fungsi bang sebagai agent of development semakin diwujudkan. Bentuk perwujudan funsi bank adalah meningkatkan penyaluran pinjaman pada sektor produktif. Banyak operasional bank di Indonesia yang lebih mengarahkan penyaluran pinjamannya kepada sektor konsumtif, kebijakan penyaluran seperti ini akan berdampak terhadap meningkatnya beban keuangan masyarakat di masa depan, sehingga dimasa mendatang akan melahirkan penurunan daya beli masyarakat. Penyaluran pinjaman konsumtif akan berpengaruh pula kepada menurunnya kreatifitas masyarakat, sehingga pada masa mendatang akan semakin meningkat ketergantungan masyarakat pada hasil produksi negara lain. Jika hal ini terjadi maka hutang masyarakat akan bergeser menjadi hutang luar negeri.

Upaya yang perlu dilakukan oleh lembaga keuangan Bank untuk meningkatkan kreativitas masyarakat adalah :

  1. Lembaga Keuangan Bank bekerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk membuat program penyediaan dana pengembangan kreativitas masyarakat dengan kebijakan tingkat bunga sangat rendah, atau penangguhan pembayaran bunga dalam satu (1) tahun, atau menetapkan penghapusan dana untuk satu tahun bagi masyarakat yang mengembangkan usaha berbasis faktor produksi lokal, dan setelah masyarakat tersebut memiliki kemampuan produksi dan pemasaran (yang dibina dan difasilitasi oleh Perguruan Tinggi dan pembangunan sarana pasar oleh PEMDA), maka kewajiban pembayaran bunga dilakukan.
  2. Lembaga Keuangan Bank bekerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam memberikan pelatihan manajemen usaha, khususnya manajemen keuangan untuk memelihara kemampuan usaha para kreator tersebut.
  3. Bank memperkecil penyaluran kredit konsumtif, dan memberikan insentif pengurangan bunga pinjaman bagi masyarakat yang bergerak dibidang produksi komoditas berbahan baku faktor produksi lokal.

 

III. Sektor Hukum

Sektor hukum menjadi faktor sangat penting bagi kelangsungan usaha masyarakat kreatif terutama dari aspek perizinan usaha dan aspek hak cipta intelektual masyarakat. Untuk keperluan pengembangan kreativitas masyarakat maka aspek hukum yang perlu dilakukan :

  1. Memberikan bantuan pembuatan perizinan usaha
  2. Membuat program perlindungan hak cipta bagi masyarakat kreatif.
  3. memberikan pengetahuan hukum bisnis terutama kerjasama usaha dengan pengusaha lain atau dengan lembaga lainnya.

 

IV. Sektor Koperasi.

Kerjasama antar masyarakat kreatif dalam wadah koperasi sangat dibutuhkan, untuk :

  1. Saling bertukar informasi teknologi
  2. Saling bembantu dalam penyediaan peralatan teknis
  3. Memperluas jaringan pasar hasil produksi
  4. Mempermudah kerjasama dengan lembaga lain yang terkait
  5. Memudahkan masyarakat kreatif dalam menanggulangi kebutuhan dana operasional usaha.

Keberadaan koperasi merupakan cerminan integritas pengusaha dan kreator, sehingga pengusaha memiliki kemampuan proteksi dari persaingan yang tidak sehat dari pengusaha lain, serta koperasi dapat dipergunakan untuk menekan perkembangan pedagang perantara/bandar yang merugikan masyarakat dan memperpanjang jaringan pemasaran, sehingga sangat merugikan pengusaha akibat harga tidak lagi bersumber dari mekanisme pasar yang sehat.

Beberapa langkah di atas sekiranya dapat dijadikan fundamen dalam mengembangkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dirinya agar tidak terjerumus kepada kemiskinan dan ketergantungan yang semakin dalam.

Penting artinya sebuah kreativitas bagi pembangunan bangsa, sebab sebuah pesawat tidak akan lahir jika krativitas masyarakat tidak ditumbuhkan, maka menjadi kewajiban Pemerintah dan Lembaga Pendidikan untuk senantiasa menyiapkan generasi yang kreatif bukan generasi pekerja, sebab kerja keras sangat berbeda nilainya dengan kerja cerdas, untuk mewujudkan negara yang kreativitas masyarakatnya tinggi adalah memberikan sarana prasarana penunjang yang memadai serta Perguruan Tinggi senantiasa menjadi laboratorium untuk menghasilkan karya-karya kreatif baru yang bermanfaat. Pengetahuan belum menjadi Ilmu seandainya pengetahuan tersebut belum berwujud menjadi metoda yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Ulama adalah orang yang telah dirasakan manfaat pengetahuannya bagi kemaslahatan masyarakat di dunia dan akhirat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s