Duka Rakyat Tak Mampu Berobat

21 Jul

dodoling.wordpress.com

 

Luka rakyat semakin menganga, setelah mendengar dan melihat rakyat miskin yang terusir dari sebuah rumah sakit milik negara (milik rakyat) karena tidak mampu membayar biaya pengobatan. Sangat ironis sebuah lembaga sosial yang paling didamba dapat membantu rakyat dari jerat kemiskinan yang semakin mencekik, dan sebagai pelabuhan terakhir yang dapat diandalkan untuk mengurangi beban kehidupan karena terserang penderitaan/penyakit bagi rakyat Indonesia, ternyata telah menjadi lembaga profit dengan segmentasi pasar penduduk berpenghasilan cukup mampu membayar tunai jasa pengobatan. Sepengetahuan rakyat Indonesia rumah sakit milik negara dibiayai oleh APBN atau APBD, artinya biaya operasional rumah sakit tersebut bersumber dari uang rakyat. Keterusiran rakyat miskin dari proses pengobatan di rumah sakit miliki negara, mencerminkan bahwa rumah sakit tersebut telah melakukan penghianatan terhadap rakyat. Bagaimana mungkin tidak terkatagori sebagai bentuk penghianatan, apabila seluruh biaya operasional sampai gaji tenaga medik maupun tenaga administrasinya bersumber dari dana APBN maupun APBD, dan menelantarkan pasien yang semestinya dilayani sebagai rakyat Indonesia.

Apakah fenomena ini sedang memperlihatkan bahwa manajemen pengelolaan asset bangsa sedang mengarah kepada swastanisasi, jika manajemen pengelolaan rumah sakit telah mengarah kepada lembaga profit, hendaknya sumber dana operasional rumah sakit tersebut tidak dari APBN maupun APBD.

Kejadian di atas semakin menggugah masyarakat Indonesia untuk mencari solusi lembaga pengobatan yang mengutamakan pelayanan maksimal kepada rakyat tanpa melihat kasta pasien, serta lembaga pengobatan dengan harga pelayanan terjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia. Beberapa alternanif yang dapat ditempuh adalah :

a.       Pemerintah daerah di seluruh Indonesia mengupayakan membangun sarana pengobatan alternatif (tradisional). Pembangunan sarana ini sangat rasional, sebab bentuk pengobatan alternatif sudah memberikan kontribusi bagi penyehatan masyarakat, serta tenaga ahlinya merupakan sosok yang tidak materialisme serta telah diakui keberadaan keahliannya secara empirik oleh masyarakat.

b.      Jika Pemerintah Daerah belum memiliki kemampuan membangun sarana tersebut di atas, maka pemberian ijin praktik (legalitas) bagi tokoh pengobatan alternatif dan mempublikasikan keberadaan mereka kepada khalayak masyarakat sesuai dengan keahliannya, akan sangat memudahkan masyarakat untuk mencari pertolongan ketika terkena musibah.

c.       Pemerintah melalui departemen pendidikan melakukan pembenahan mental calon tenaga medik yang tengah kuliah, bahwa keahlian pengobatan lebih mengarah kepada aktifitas sosial, bukan merupakan keahlian untuk mendulang keuntungan dari para penderita sakit. Konsekwensi mencetak tenaga medik atau dokter yang berjiwa mulia, harus diawali dengan menghindarkan lelang biaya masuk calon mahasiswa ke fakultas kedokteran. Seperti kita ketahui bersama bahwa biaya kuliah di fakultas kedokteran sangat mahal, dan diberlakukan upaya-upaya menjaring calon mahasiswa yang bersedia membayar dengan harga sangat tinggi. Hal ini sedang memperlihatkan bahwa calon-calon dokter bukan dari kalangan yang memiliki kemampuan akademik tinggi, namun lebih kepada calon dokter yang memiliki kemampuan keuangan tinggi, praktik tersebut cenderung melahirkan tenaga medik yang manja dan cenderung bersifat elitis, yang pada akhirnya pendekatan profit akan lebih mengedepan.

d.      Perlu diadakan forum komunikasi tenaga kesehatan/medik, baik dari kalangan pendidikan formal maupun dari kalangan alternatif (pendidikan informal), untuk merumuskan kembali “sebutan ilmiah”, sebab pada saat ini kata tersebut lebih mengarah kepada keilmuan yang bersumber dari kalangan barat, padahal ilmu pengobatan tradisional di Indonesiapun jika terdapat lembaga pendidikannya, maka metodologi ilmu pengobatan tradisional akan nampak kepermukaan, dan bukan hal yang tersembunyi, sehingga akan membuka mata dunia bahwa pengobatan tradisional Indonesia berkatagori ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan menurut ilmu pengetahuan kedokteran.

Seandainya upaya-upaya di atas dilakukan, maka akan tersedia sarana pengobatan yang lebih banyak serta terkontrol praktiknya oleh pemerintah, serta terlahir pula dokter-dokter muda yang siap mengabdikan dirinya bagi kesehatan masyarakat.

Jangan takut rakyat Indonesia tidak menghargai jasa dokter/tenaga medik jika sarana pengobatan berharga terjangkau oleh rakyat miskin, do’a mereka akan meningkatkan kemuliaan para tenaga kedokteran/tenaga medik, baik mulia dari sisi harta, maupun mulia dari sisi harga diri. Dan yang pasti, “jangan nodai kemuliaan jasa kedoteran hanya karena uang recehan”.

Hidup… Dokter Indonesia, ditangan anda Indonesia Sehat dan sejahtera.

One Response to “Duka Rakyat Tak Mampu Berobat”

  1. life4ever26 October 19, 2012 at 12:43 pm #

    Reblogged this on life4ever26 and commented:
    febi ramdan D
    113401057
    tugas makalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BWFITRI

JUJUR BERKATA JUJUR

ernizem

Just another WordPress.com site

nurjamilah97

Just another WordPress.com site

rinrinrintiani

Just another WordPress.com site

nenengnurjanah

Just another WordPress.com site

mohyosep

Just another WordPress.com site

diyansumirat

Just another WordPress.com site

ninayunalis

Just another WordPress.com site

achile90

Just another WordPress.com site

Ilham Afriansyah

lakukan yang terbaik agar dapat dirasakan kebaikannya kepada seluruh umat manusia

abdhie17

WordPress.com site

Ilis khoeriyah Alawiyah

Hidup Penuh dengan Misteri

rahmatdizez

Just another WordPress.com site

abdulrojak35

Just another WordPress.com site

paridridwan92

Just another WordPress.com site

aanguno

Just another WordPress.com site

usep66

Just another WordPress.com site

Myl1v3's Blog

Just another WordPress.com weblog

Niendin's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Bahadursing's Weblog

HIDUP HANYA SEKALI, GUNAKAN WAKTU YANG BAIK

Adekomaludin's Weblog

Just another WordPress.com weblog

MTs Bahrul Ulum

Aktif - Kreatif - Inopatif

Nahwa Blog

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Nazrul Budak Cidahu

Just another WordPress.com site

Edisae's Blog

Just another WordPress.com weblog

E-one Hermawan's Blog

Just another WordPress.com weblog

UMFalah's Blog

Ruang Kreatifitas

boyzybozz

Just another WordPress.com site

pandasepti

Just another WordPress.com site

Rani Rahman

Siliwangi University. Edutrain Consultant

Media Belajar Akuntansi

Mengabdi demi Ilmu Pengetahuan & Beribadah

Google adsense

Just another WordPress.com weblog

WordPress Plugins

Just another WordPress.com weblog

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: