Strategi Sederhana Meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM)

3 Jul

smkangkasatasik.blogspot.com

 

 

 

Berbagai Kota dan Kabupaten di Indonesia disibukkan dengan perkembangan indeks pembangunan manusia yang meliputi pembangunan pendidikan, pembangunan kesehatan dan peningkatan daya beli masyarakat, berbagai program dan rencana strategis dicanangkan. Beberapa Walikota/Bupati yang memiliki kemampuan memimpin yang mumpuni dengan kapasitas pikir yang lurus dan mendekati jenius berhasil membawa masyarakat yang dipimpinnya memperoleh manfaat dari hasil kepemimpinannya. Diantara keberhasilan yang diperoleh yaitu bersekolah gratis sampai tingkat SMU, memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit atau poliklinik dengan pelayanan prima tanpa diskriminasi disertai biaya sangat murah bahkan gratis bagi masyarakat berpendapatan rendah.

Meniru keberhasilan pemimpin daerah yang mencintai dan dicintai rakyatnya perlu dilakukan oleh seluruh pemimpin daerah di Indonesia, bahkan perlu dijadikan model kepemimpinan daerah untuk diterapkan pada pemerintahan daerah/wilayah seluruh Indonesia.

Propinsi Jawa Barat dan Banten yang telah memiliki budaya “perelek”, kiranya perlu dikembangkan sebagai sumber dana pembangunan masyarakat untuk meniru pola pengembangan pembangunan masyarakat yang telah diperoleh daerah lain. Melalui budaya tersebut di atas pembangunan kesehatan masyarakat, pendidikan masyarakat dapat ditingkatkan. Metode yang perlu kiranya dilakukan adalah : Besarnya perelek yang disumbangkan masyarakat berupa beras/rumah setiap bulan, diganti dengan sumbangan berupa uang sebesar Rp. 500/rumah setiap bulan. Manajemen perelek dikembangkan melalui manajemen Mesjid yang dikelola profesional dan di koordinasi oleh DKM Mesjid Agung Kota/Kabupaten, artinya seluruh DKM setiap RT/RW melakukan koordinasi dengan Mesjid Agung Kota/Kabupaten untuk mengelola perelek tersebut, dan penampungan “perelek” dilakukan melalui lembaga keuangan syari’ah yang bekerjasama dengan DKM Mesjid Agung Kota, atau ditunjuk oleh Pemerintah Daerah untuk bekerjasama dengan DKM Mesjid Agung Kota.

Dengan asumsi jumlah kepala keluarga suatu kota sebanyak 1.000.000 KK, maka akan terkumpul sebesar Rp. 500.000.000/bulan. Dana sebesar itu dikelola oleh DKM Mesjid Agung untuk melayani masyarakat :

a.     Mengurus masyarakat yang meninggal dunia secara lengkap menurut syari’ah sampai menguburkan pada lokasi yang diinginkan keluarga, maupun di lokasi yang telah ditetapkan sebagai pemakaman umum oleh pemerintah daerah. Artinya DKM Mesjid Agung menyediakan Ambulance, tenaga pengurus jenazah, dan perlengkapan serta peralatan lainnya untuk menangani pengurusan jenazah di Kota tersebut.

b.     DKM Mesjid Agung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten menyediakan mobil pelayanan kesehatan masyarakat yang dilengkapi dengan sarana kesehatan dan pelayanan melahirkan anak, serta tenaga medik yang profesional. Pelayanan kesehatan ini untuk menanggulangi masyarakat yang akan melahirkan disuatu daerah, dan DKM dengan Dinas Kesehatan Kota melakukan pelayanan langsung di kediaman pasien atau dilakukan pada mobil pelayanan kesehatan yang disediakan, sehingga pasien dapat ditangani dengan cepat tanpa perlu melakukan perjalanan jauh menuju klinik bersalin atau rumah sakit. Sarana mobil pelayanan masyarakat di lengkapi pula dengan obat-obatan generik, sehingga mobil pelayanan kesehatan tersebut dapat pula menjadi apotik berjalan untuk memberikan layanan pengobatan bagi masyarakat Kota/Kabupaten. Sehingga DKM dan Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten menyediakan Klinik dan Apotik berjalan untuk melayani kesehatan masyarakat.

c.      DKM Mesjid Agung berkoordinasi dengan DKM-DKM RT/RW untuk mengembangkan mesjid dan atau madrasah menyediakan fasilitas perpustakaan RT/RW berbasis mesjid/madrasah, dimana sumber buku dapat memanfaatkan buku-buku yang dimilki masyarakat untuk dititipkan di mesjid/madrasah, atau dari sumbangan keluarga, dan dari dana yang bersumber dari perelek setiap bulannya.

Pengembangan selanjutnya dapat diarahkan untuk membangun koperasi warga berbasis mesjid/madrasah yang menyediakan keperluan sandang dan pangan masyarakat serta kebutuhan ekonomi lainnya.

Pengelolaan perelek yang dikoordinasi oleh DKM Mesjid Agung sangat perlu dibantu dengan sarana telekomunikasi untuk kelancaran informasi dalam menangani masalah yang dihadapi masyarakat tersebut di atas, dan perlu pula pendataan potensi perelek setiap Kepala Keluarga Kota/Kabupaten tersebut (data dapat mempergunakan data Kartu Keluarga yang telah tersedia disetiap RT/RW). Kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program ini sangat mudah dan sederhana, yaitu bertindak jujur dan dapat dipercaya dalam mengelolanya.

Advertisements

One Response to “Strategi Sederhana Meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM)”

  1. agus husen February 7, 2012 at 5:05 am #

    kebijakan2 pemerintah untuk mengawasi penggunaan dana PNpM Mandiri atau Replikasi akan berdampak positif terhadap kemajuan IPM negara kita.Karena dana tersebut banyak di selewengkan yg akan mengurangi kwalitas mutu pembangunan yg akan diadakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

BWFITRI

JUJUR BERKATA JUJUR

ernizem

Just another WordPress.com site

nurjamilah97

Just another WordPress.com site

rinrinrintiani

Just another WordPress.com site

nenengnurjanah

Just another WordPress.com site

mohyosep

Just another WordPress.com site

diyansumirat

Just another WordPress.com site

ninayunalis

Just another WordPress.com site

achile90

Just another WordPress.com site

Ilham Afriansyah

lakukan yang terbaik agar dapat dirasakan kebaikannya kepada seluruh umat manusia

abdhie17

WordPress.com site

Ilis khoeriyah Alawiyah

Hidup Penuh dengan Misteri

rahmatdizez

Just another WordPress.com site

abdulrojak35

Just another WordPress.com site

paridridwan92

Just another WordPress.com site

aanguno

Just another WordPress.com site

usep66

Just another WordPress.com site

Myl1v3's Blog

Just another WordPress.com weblog

Niendin's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Bahadursing's Weblog

HIDUP HANYA SEKALI, GUNAKAN WAKTU YANG BAIK

Adekomaludin's Weblog

Just another WordPress.com weblog

MTs Bahrul Ulum

Aktif - Kreatif - Inopatif

Nahwa Blog

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Nazrul Budak Cidahu

Just another WordPress.com site

Edisae's Blog

Just another WordPress.com weblog

E-one Hermawan's Blog

Just another WordPress.com weblog

UMFalah's Blog

Ruang Kreatifitas

boyzybozz

Just another WordPress.com site

pandasepti

Just another WordPress.com site

Rani Rahman

Siliwangi University. Edutrain Consultant

Media Belajar Akuntansi

Mengabdi demi Ilmu Pengetahuan & Beribadah

Google adsense

Just another WordPress.com weblog

WordPress Plugins

Just another WordPress.com weblog

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: