Potensi Wirausaha Kaum Hawa Indonesia Sangat Luar Biasa

ahmadzazili.blogspot.com

Perjuangan emansipasi kaum hawa Indonesia sudah membuahkan hasil, banyak kaum hawa yang mampu melakukan aktifitas layaknya kaum Adam, bahkan menjadi pemimpin bangsapun telah diraih. Berbagai profesi telah diarungi oleh kaum hawa Indonesia dengan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan, hasil karya mereka telah dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Dari berbagai kemajuan yang diraih oleh kaum Hawa Indonesia, baik kemajuan ilmu pengetahuan, kemajuan keahlian dan peningkatan produktifitas kerja, ternyata masih terdapat potensi ekonomi yang belum tergali maksimal, terutama potensi ekonomi dari anggota organisasi kewanitaan (organisasi Dharma Wanita, maupun Gabungan Organisasi Wanita (GOW)).

Organisasi Dharma Wanita, serta organisasi wanita lainnya tersebar di seluruh pelosok daerah di Indonesia, sampai ke wilayah pemerintahan Desa/Kelurahan. Hampir setiap organisasi kewanitaan di Pedesaan/Kelurahan di isi oleh kaum Hawa yang memilki keterampilan, baik berupa keterampilan memasak, kerajinan, maupun keahlian lain yang bermanfaat bagi kehidupan berkeluarga masyarakat Indonesia. Potensi keahlian tersebut belum dimaksimalkan menjadi profesi kaum Hawa yang dapat dimanfaatkan sebagai produk yang memiliki nilai ekonomi.

Keahlian Kaum Hawa pada Organisasi Dharma Wanita yang telah terlihat, tidak dijangkau oleh Pemerintah sebagai potensi ekonomi yang besar, serta belum disentuh efektif oleh Perbankan atau lembaga keuangan lainnya sebagai suatu lembaga ekonomi yang menguntungkan. Apabila organisasi darma wanita yang ada diberbagai pelosok di negeri ini telah menjalin hubungan satu dengan lainnya melalui kebijakan organisasi dharma wanita pusat, maka sesungguhnya organisasi tersebut telah memiliki jaringan usaha yang sangat luas dan besar. Sebuah produk yang dihasilkan oleh suatu kelompok kaum Hawa kreatif pada satu organisasi Dharma Wanita sebenarnya dapat dipasarkan melalui komunikasi antar organisasi dharma wanita lainnya yang adal di Indonesia, apalagi jika Dharma Wanita setiap Kabupaten/Kota dilengkapi dengan Koperasi Dharma Wanita yang menampung seluruh produk yang dihasilkan anggotanya, maka sama artinya Koperasi ini mewujud menjadi Mini market atau bahkan super market bagi komoditas hasil produksi kaum Hawa Kabupaten/Kota bersangkutan.

Melalui jaringan komunikasi antar Dharma Wanita seluruh Indonesia, sangat memungkinkan dikembangkan menjadi jaringan usaha antara Koperasi Dharma Wanita Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, sehingga perdagangan komoditas hasil produksi anggota dapat saling dipertukarkan dengan komoditas yang diproduksi oleh anggota Kabupaten/Kota lainnya. Hal ini menunjukan bahwa jaringan komunikasi antar organisasi dharma wanita Kabupaten/Kota dapat dikembangkan menjadi jaringan bisnis antar Koperasi Dharma Wanita seluruh Indonesia.

Mengembangkan jaringan usaha melalui Koperasi Dharma Wanita yang merupakan cerminan dari hasil produksi kaum Hawa Indonesia, sesungguhnya sedang meningkatkan kontribusi kaum hawa dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, sebab hasil kreatifitas mereka yang sebelumnya  hanya diperdagangkan melalui konsep arisan Ibu-ibu, atau bahkan hanya untuk sekedar sharing pengetahuan antar anggota, dapat dikembangkan menjadi komoditas yang dapat dipasarkan secara luas ke seluruh pelosok tanah air.

Jika Koperasi Dharma Wanita dikelola pofesional yang didukung oleh injeksi permodalan dari perbankan nasional, maka perkembangannya akan sejajar dengan perkembangan mart-mart yang pada saat ini menggurita sampai kepelosok Desa, bahkan Koperasi Dharma wanita dapat dijadikan sarana pasar komoditas dalam negeri, sehingga kebutuhan keluarga Indonesia dapat dipenuhi oleh komoditas hasil karya bangsa sendiri, dan tidak bergantung kepada komoditas impor. Pada akhirnya setiap Desa/Kelurahan tidak perlu lagi kehadiran mart-mart yang lebih menonjolkan komoditas impor untuk kebutuhan keluarga, sebab koperasi Dharma Wanita telah sanggup untuk memenuhi seluruh kebutuhan keluarga dengan jenis dan macam komoditas yang bersumber dari hasil kreatifitas kaum Hawa seluruh Indonesia.

Potensi ekonomi Dharma Wanita Indonesia melalui jaringan usaha antar Koperasi Dharma Wanita seluruh Indonesia, merupakan jalan keluar bagi peningkatan produk nasional, serta menjadi solusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Ditangan kaum Hawa Indonesia, negeri ini bisa lebih sejahtera, maka lengkaplah jati diri kaum Hawa Indonesia, sebab surgapun mereka miliki ditelak kakinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s