MATAHARI MENERANGI INDONESIA SIANG DAN MALAM

Peningkatan harga minyak dunia seringkali berimbas kepada peningkatan harga komoditi yang mempergunakan minyak bumi sebagai bahan baku produknya. Pengembangan pembangunan pembangkit tenaga listrik di Indonesia lebih banyak mempergunakan minyak bumi dan sumberdaya alam lainnya sebagai bahan baku, sehingga harga tarif listrik PLN diprediksi akan meningkat searah dengan peningkatan harga BBM.

Alternatif pengembangan pembangkit listrik dengan memanfaatkan sumber daya alam yang berlimpah dan cenderung tidak akan habis sepanjang usia dunia, seperti tenaga surya dan tenaga angin sepantasnya dilakukan, sebab di Indonesia cahaya matahari dan hembusan angin sangat berlimpah.

Kebiasaan prilaku manja dan instan dalam mengarungi kehidupan, mengakibatkan penduduk Indonesia sebagai rakyat, maupun sebagai pengelola pemerintahan merasa cukup dengan teknologi yang disediakan, atau sumberdaya yang telah dikelola sebelumnya. Pada akhirnya upaya mengembangkan alternatif sumber listrik, maupun pengembangan alternatif minyak bakar selain BBM, sangat susah diwujudkan. Keadaan ini sangat dipengaruhi pula oleh tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap hasil penelitian/penemuan bangsa lain.

Disaat harga BBM meningkat, serta kecenderungan harga tarif listrik meningkat, dan cadangan minyak bumi semakin berkurang, maka wajib hukumnya bagi pemerintah dan rakyat Indonesia mengembangkan penggunaan listrik tenaga surya, maupun tenaga angin, sebagai bentuk penghematan penggunaan BBM. Dampak penggunaan tenaga surya dan listrik tenaga angin sebagai sumber listrik, akan menciptakan inovator-inovator dalam negeri untuk meningkatkan tingkat teknologinya, yang pada gilirannya akan berimbas kepada peningkatan efisiensi produksi PLTS, maupun PLTAngin, dan masyarakat Indonesia menikmati teknologi listrik tenaga surya mapun angin dengan harga yang lebih murah.

Kondisi yang menyebabkan terjadinya pemborosan besar-besar terhadap penggunaan listrik di Indonesia adalah kebijakan penerangan jalan dan penerangan kota, serta kebebasan berpromosi bagi perusahaan melalui media billboard dengan menggunakan listrik. Apabila kebijakan tersebut dipertimbangkan dengan langkah-langkah penghematan sebagai berikut :

a.      Lampu penerangan jalan harus mempergunakan tenaga surya.

b.     Billboard yang terpasang dijalan yang mempergunakan listrik, harus menggunakan listrik tenaga surya

c.      Lampu-lampu hias kota harus menggunakan listrik tenaga surya

maka, Indonesia akan terhindar dari krisis listrik nasional.

Apabila kebijakan ini efektif dilakukan, maka sangat besar efisiensi yang dapat diraih, serta memberikan kesempatan kepada rakyat Indonesia memaksimalkan penggunaan listrik untuk tujuan produktif.

Jadikanlah sumberdaya cahaya matahari sebagai penerang kota siang dan malam. http://www.anekasurya.com/paket-solar-cell-lpj.htm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s